Categories
Tips Perawatan

Tips Merawat Mobil Agar Kondisinya Tetap Prima

Hobi mengkoleksi mobil tua atau sekarang lebih sering ke tempat aktivitas menggunakan transportasi publik? Ini membuat mobilmu jadi jarang dipakai dan didiamkan saja di rumah. Sama halnya dengan alat elektronik, mobil yang jarang dipakai juga butuh perawatan khusus, loh. Jadi jangan dibiarkan begitu saja. Ini dia pembahasan tips merawat mobil agar kondisinya tetap prima.

Baik mesin maupun bodi mobil, keduanya membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala. Jika tidak, mesin bisa aus. Bodi mobil seperti cat dan velg mobil bisa karatan. Jangan sampai kejadian, jadi rawatlah mobilmu walau jarang digunakan agar kondisinya tetap terawat dan prima.

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Berikut ini beberapa cara merawat mobil yang jarang dipakai agar kondisinya tetap prima:

1. Bersihkan Mobil Sebelum Disimpan

Baik eksterior maupun interior mobil tetap harus dijaga dengan baik walau jarang digunakan. Kita mungkin berpikir mobil tidak akan kotor karena hanya disimpan di dalam garasi. Tapi sebenarnya bisa saja mobil menjadi bau apek karena jamur. Catnya juga bisa terlihat kusam karena debu yang menumpuk di bodi mobil.

Karena itu, jangan lupa tetap bersihkan mobil secara berkala. Setelah mobil benar-benar kering, bisa juga menutup mobil dengan cover mobil khusus.

2. Pompa Ban Mobil Sebelum Disimpan

Jika mobil tidak dipakai, ban mobil lama-kelamaan akan kempes karena perubahan temperatur mempengaruhi tekanan udara pada ban. Karena itu, sangat penting untuk memompa ban mobil sampai tekanan maksimal sebelum menyimpannya.

Ban mobil yang mengempis dan dibiarkan menempel pada permukaan lantai dapat merusak bagian dalam ban. Karena itu sebaiknya ban mobil didongkrak sebelum disimpan dalam waktu lama. Dengan mendongkrak ban, mobil tidak bertumpu langsung pada roda. Sehingga roda pun jadi lebih awet.

3. Ganti Oli dan Cairan Lainnya

Sebelum menyimpan mobil dalam waktu yang lama, ganti oli dan filter mobil, serta cairan pendingin mesin. Oli dan cairan pelumas yang sudah lama mengandung serbuk logam, uap air, dan zat-zat lain yang korosif dan bisa menyebabkan karatan. Karena itu, harus diganti dulu sebelum mobil disimpan.

4. Isi Bahan Bakar Hingga Penuh

Tangki bahan bakar dapat berkarat jika mobil tidak dioperasikan dalam waktu lama. Bahan bakar mengandung oktan tinggi sehingga dapat mengurangi resiko berkarat. Selain itu, jika tangki bahan bakar tidak penuh, maka akan ada ruangan sisa di tangki. Ruangan sisa ini bisa memunculkan embun yang dapat menurunkan kualitas bahan bakar. Karena itu, penting untuk mengisi penuh bahan bakar sebelum disimpan.

5. Lepas Kabel Aki

Komponen mobil yang mengandung listrik adalah yang paling rawan rusak. Daya listrik pun bisa hilang. Karena itu, lepaskan kabel aki dari kutubnya.

Lepas kabel aki dari kutub negatif ke positif. Untuk memasang kembali, lakukan arah sebaliknya, yaitu dari positif ke negatif.

6. Hindari Menggunakan Rem Tangan

Menggunakan rem tangan dalam jangka waktu lama akan membuat minyak pada piringan rem menjadi lengket. Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya tidak menggunakan rem tangan. Agar mobil tetap pada tempatnya, bisa mengganjal ban dengan menggunakan batu atau dongkrak. Penting juga untuk memarkir mobil di tempat yang datar.

7. Panaskan Mobil Setiap Hari

Mesin yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama bukannya membuatnya jadi awet. Mesin justru bisa aus. Karena itu, setiap hari mobil tetap harus dipanaskan agar mesin tetap menyala, komponen mesin pun akan tetap terlumasi dengan baik.

Jadi, sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama, jangan lupa melakukan ketujuh hal di atas, ya! Ini dia pembahasan tips merawat mobil agar kondisinya tetap prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *