Categories
Tips Perawatan

Tips Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Ban yang merupakan komponen penting dalam mobil tentu sangat perlu dirawat. Seperti komponen lainnya, semakin lama ban mobil bekerja maka performanya akan semakin menurun. Tetapi jangan khawatir, karena terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar ban mobil tetap awet dan tahan lama. Apa saja tipsnya? Yuk simak ulasannya berikut tentang tips merawat ban mobil.

1. Periksa tekanan ban sebelum berkendara

Sebelum kamu melakukan perjalanan, akan lebih baik jika periksa terlebih dahulu tekanan ban. Apalagi jika kamu ingin melakukan perjalanan jauh, hal ini harus kamu lakukan ya. Jangan sampai tekanan ban kurang bahkan terlihat kempes. Karena nanti akan menyusahkan perjalanan kamu. Pastikan tekanan ban sesuai dengan standar. Jika perlu membawanya ke bengkel terlebih dahulu, pastikan kamu melakukan pengecheckan terhadap tekanan ban.

2. Pastikan pentil ban dalam keadaan baik dan tertutup sempurna

Meskipun sepele, hal ini ternyata mampu mempertahankan tekanan ban loh. Karena biasanya pentil ban yang longgar akan membuat udara di dalam ban menjadi cepat habis karena terdapat celah untuk keluar. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan apakah pentil ban sudah tertutup sempurna dan dalam kondisi yang baik. Jika terjadi kerusakan segeralah mengganti komponen ini, agar perjalananmu tetap nyaman tanpa hambatan yang berarti.

3. Lakukan rotasi ban secara rutin

Rotasi ban dipercaya dapat membuat ban menjadi jauh lebih awet loh. Tentu saja pernyataan ini benar, karena rotasi ban mobil menjadi salah satu cara agar setiap ban mendapatkan ban yang sama. Kamu bisa memindahkan ban depan ke bagian belakang, dan seterusnya secara rutin. Biasanya ban depan memiliki beban lebih berat dibandingkan ban belakang. Agar tidak terus menerus membebani ban depan, maka rotasi ban dapat dilakukan. Pada umumnya, rotasi ban dapat dilakukan ketika mobil telah menempuh perjalanan 5.000 km sekali. Cara ini dijamin membuat ban kamu akan lebih awet.

4. Beban muatan mobil harus menjadi perhatian

Perlu kamu ketahui, mobil memiliki kemampuan dalam beban muatan masing-masing loh. Maka dari itu, kamu harus memastikan hal ini. Jangan sampai kamu membawa barang bawaan yang tidak sesuai dengan beban mobil. Hal ini akan membuat kinerja ban menjadi lebih keras dibandingkan dengan muatan normal. Karena jika beban terlalu berat, ban yang menjadi tumpuan mobil paling bawah akan mengalami tekanan keras. Sebaiknya batasi barang bawaan ketika hendak melakukan perjalanan jauh, sehingga ban tetap terjaga kondisinya.

5. Penggunaan ban sesuai dengan bawaan mobil

Sebelum mengganti ban mobil, perhatikan tipe dan jenis ban mobil asli. Jika kamu menggantinya dengan yang berbeda, sudah dapat dipastikan ban baru tersebut tidak bertahan lama. Tidak hanya itu saja, hal ini juga akan mempengaruhi kondisi mobil loh. Oleh sebab itu, gunakan ban standar sesuai dengan bawaan pabrik. Tidak masalah jika terlihat kurang keren, tetapi kondisi mobil akan tetap terjaga dan ban yang baru terpasang tidak mengalami permasalahan.

Kelima tips tersebut dapat kamu praktekkan dalam merawat ban mobil. Tidak hanya memompa ban saja, namun komponen ini juga perlu diperhatikan seperti komponen mobil lainnya. Jika terjadi kerusakan, mobil tidak dapat melaju karena pada dasarnya ban adalah bagian terpenting dalam manuver sebuah mobil. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk merawat ban mobil dengan tips diatas, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *